Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

(7 Habits of Highly Effective People)

                                                                                                       Habit

Msolusi.id - Memasuki Era New Normal ini penting bagi kita untuk lebih mendalami makna #habits manusia dalam kehidupan sehari-hari hal ini tertuang dalam buku The 7 Habits Of Highly Effective People (Tujuh Kebuasaan Efektif Manusia) sebuah buku pengembangan diri karya Stephen R. Covey terbit pada tahun 1989. Dalam buku ini kami merangkum beberapa point penting yang dapat memudahkan kita dalam memahami maksud dan tujuan dari buku ini sehingga kita mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari berikut penjabarannya: 

Habit # 1 :  Be Proactive

Orang yang efektif memiliki SIKAP  PROAKTIF : bergerak aktif mencari  solusi dan selalu cekatan dalam  menyelesaikan problem.

Dia tidak pasif menunggu  datangnya solusi.

Manusia pasif cenderung akan  stagnan nasibnya dalam  kenestapaan.

Maka milikilah SIKAP PROAKTIF :

       Proaktif dalam Merencanakan  Masa Depan

       Proaktif dalam Membangun  Self –Competence

       Proaktif dalam Mengubah  Nasib ke Arah yang Lebih Baik

 

Habit # 2 :  Begin with the  END in Mind

                                                                7 habits
Bangunlah  VISI atau  TUJUAN   AKHIR yang  Amat Jelas  tentang Jalan  Hidupmu.

Begin with the END in mind artinya  anda punya visi yang jelas tentang  masa depan anda.

Anda paham benar apa tujuan yang  hendak Anda capai, baik dalam  kehidupan personal ataupun  profesional.

Begin with the END in Mind  menggedor Anda untuk bisa  merumuskan :

      Apa impian yang ingin Anda  raih dalam 3, 5 atau 7 tahun ke  depan? 
 •     Apa aspirasi profesional dan  personal yang ingin Anda  wujudkan?

 

Habit # 3 :  Put First Things First

Put First Things First artinya Anda punya prioritas pekerjaan yang jelas.

Acapkali sebagian orang tidak punya  prioritas yang jelas dalam  menyelesaikan pekerjaan di kantor :  yang penting terabaikan, yang tidak  penting malah dianggap mendesak  dan terus dikerjakan

Hirarki Prioritas :

1)      Important and Urgent

2)      Important and not Urgent

3)      Not Important and Urgent

4)      Not Important and not Urgent

Kita acap habiskan waktu di no 3  dan 4. Idealnya fokus di no 1 dan 2.

 

Habit # 4 :  Think Win-win

Think WIN-WIN maknanya  adalah kita selalu mengutamakan  kepentingan team secara  produktif, dan bukan terus  mengedepankan EGO dan  KEPENTINGAN PRIBADI (personal interest) diatas kepentingan  team.

Think WIN-WIN mengajak kita  untuk :

       Punya empati    terhadap pikiran  orang lain

       Punya apresiasi terhadap  perbedaan opini

       Selalu mencari solusi win-win  yang saling menguntungkan

 

Habit # 5 :  SYNERGIZE

                                                                                                        7 habits

Synergize  artinya  punya  spirit  teamwork  yang kuat Dalam bekerja yang kita perlukan  adalah SUPER TEAM, dan bukan  SUPERMAN atau SUPERWOMAN. Setiap karya masterpiece dalam  organisasi, adalah selalu buah  kerja TEAM.

Habit # 6 :  Planning and  Execution

Kebiasaan orang yang produktif  berikutnya adalah selalu menyusuna  rencana tindakan yang sistematis,  dam kemudian MENERAPKANNYA  (EXECUTION).

Orang yang produktif bukanlah orang  dengan tipe NATO (no action talk only).

Sebagian orang menjadi sangat tidak  produktif karena waktunya lebih  banyak dihabiskan untuk ngobrol atau  melakukan hal yang tidak penting.

Orang yang TIDAK EFEKTIF  menghabiskan banyak waktu untuk  meeting, membahas rencana, namun  impelentasinya NOL.

Orang yang produktif bukan saja  menyusun rencana secara  terarah dan terpadu.

Namun mereka kemudian  melakukan proses ekekusi  (implementasi) dengan konsisten.

Sesuai slogan NIKE, mereka JUST DO IT.  Bukan hanya banyak rapat dan bicara. 

                                                7 habits

 

Habit # 7 :  Sharpen  the Saw  (Asah terus  skills Anda)

Asah terus ketajaman SKILLS  Anda agar makin KOMPETEN

Setiap orang adalah guru  Setiap tempat adalah sekolah

Setiap hari adalah proses belajar.

Proses untuk terus belajar  mengembangkan kompetensi diri.

Temukan skills kunci untuk sukses  dalam pekerjaan Anda. Lalu  berjibakulah untuk meningkatkan  skills tersebut secara kontinyu  (continual self improvement)

Proses pembelajaran bisa  berlangsung dari :

       Membaca buku / majalah  berkualitas (online dan offline)

       Observasi dan praktek (learning  from real experiences)

       Mentoring and coaching

Lakukan 7 Habits tersebut secara  konsisten, sehingga Anda bisa  menjadi pribadi yang lebih baik kedepan.

Semoga bermanfaat. 

 

Sharing Knowledge for a Better World.