msolusi.id-Pernahkah anda merasa kurang percaya diri saat interview kerja ? Hal itu tentunya sangatlah wajar. Anda tidak perlu merasa khawatir ketika harus berhadapan dengan HRD ketika hendak melakukan interview, semakin anda gugup, semakin sering anda melakukan kesalahan seperti salah dalam menjawab, sulit mengemukakan pendapat dan terbata bata ketika berbicara. Hal ini akan membuat HRD berpikir bahwa komunikasi anda kurang baik atau bahkan anda kurang menguasai posisi pekerjaan yang anda lamar. Jangan sampai hal itu terjadi. Lalu, bagaimana cara mengantisipasi nya ? Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi, namun kami akan berikan beberapa tips untuk anda.


Interview

Berikut kami berikan tips agar percaya diri saat interview dengan HRD :

Interview

Terapkan "Power Pose"

Saat anda interview, pastikan Anda menerapkan "power pose" yaitu posisi duduk atau berdiri yang membuat Anda lebih percaya diri. Kedua pose tertentu sebenarnya mengubah kimia tubuh Anda dengan meningkatkan produksi testosteron Anda dan mengurangi keluaran kortisol Anda. Ini secara fisik membuat Anda merasa berenergi dan lebih percaya diri.

Interview

Berpakaian Rapih & Sopan

Pakaian adalah salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan saat hendak melakukan interview. Sebab yang pertama kali dilihat oleh HRD adalah kerapihak atau penampilan Anda. Berikan kesan pertama yang baik ketika menghadiri sebuah undangan interview dari sebuah perusahaan.

Interview

Ajukan Pertanyaan

Ketika anda melakukan interview kerja, biasanya Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya. Pastikan Anda telah menyiapkan pertanyaan, karena hal itu akan menambahkan nilai tambah untuk Anda. Sebab HRD akan merasa bahwa Anda menyimak pembicaraan, tertarik kepada perusahaan serta komunikatif. Berikan pertanyaan yang cukup menantang, Ingat bahwa tujuan Anda adalah untuk tidak membingungkan pewawancara atau membuat mereka tampak bodoh. Anda hanya ingin datang dengan sebuah pertanyaan, pikirkan dengan baik apa yang hendak ditanyakandan buatlah pewawancara berhenti untuk berpikir.

Interview

Gunakan "Power Words"

Apakah Anda ingat dengan semua poin yang Anda cantumkan di dalam resume ? Pastikan Anda telah mempersiapkan diri agar dapat mempertanggungjawabkan ketika poin tersebut dibahas oleh pewawancara/HRD. Ketika diri Anda sudah benar-benar menguasai kata-kata atau poin yang Anda cantumkan, itulah yang akan menjadi kekuatan dan menambah rasa percaya diri Anda.

 

Interview

Lebih Sering Tersenyum

Sadarkah Anda, bahwa tersenyum mampu membuat diri Anda lebih nyaman dan rileks. Ketika Anda sedang merasa gugup dan khawatir, maka hal yang mudah dan perlu Anda lakukan adalah tersenyum. Buatlah diri Anda nyaman dbarengi dengan berpikir positif, maka Anda akan merasa lebih baik.

Interview

Deskripsikan Diri Anda Dengan Jelas

Ketika Anda diminta untuk menjelaskan atau mendeskripsikan diri Anda, disitulah kesempatan Anda untuk unjuk diri dengan kemampuan yang Anda miliki. Jelaskanlah hal-hal yang menunjukkan bahwa Anda layak untuk bekerja di sana. Berikanlah penjelasan tentang bagaimana dan mengapa Anda harus menye

Interview

Sapa Pewawancara Dengan Nama

Ini merupakan strategi yang memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ketika Anda memanggil seseorang dengan nama, Anda membuat mereka merasa penting. Memanggil pewawancara Anda dengan nama juga merupakan cara yang bagus untuk membangun sedikit otoritas. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda mendapatkan layanan yang lebih baik jika Anda memanggil seseorang dengan nama?

Interview

Yakin dan Percaya Dengan Kemampuan

Berikan kesempatan pada diri Anda untuk menunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Ubah persepsi orang tentang Anda, buktikan bahwa Anda mampu dan pantas bekerja di perusahaan tersebut. Jika hasil tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, yakinlah bahwa akan ada kesempatan yang lebih baik untuk Anda dikemudian hari.