Sering Merasa Stres Saat Bekerja? Segera Atasi Dengan Cara Ini!

Odoo • A picture with a caption

Msolusi.id –  Stres dalam bekerja adalah sebuah hal yang pasti akan terjadi pada semua karyawan, terlepas dari apapun bidang pekerjaan yang ia geluti saat ini terutama yang memiliki ekspektasi dan harapan terlampau tinggi atas pekerjaan yang dihadapi. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi motivasi kerja dan penurunan konsentrasi serta berdampak pada hubungan kerja yang kurang baik dengan rekan maupun atasan. Stres karyawan di tempat kerja harus diatasi dengan baik agar performa kerja tetap optimal. Adapun cara yang anda lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja antara lain :

 

1.     Tariklah Nafas Dalam-Dalam

Menarik nafas dalam-dalam merupakan hal yang lazim dilakukan untuk setiap orang yang sedang dihadapi kendala baik di lingkungan keluarga maupun pekerjaan. Ketika kita mengalami “Stres” tubuh kita cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya salah satu cara pertama yang bisa kita lakukan dalam mengendalikan hal tersebut dengan menarik nafas yang dilakukan secara berulang selain dapat membuat tubuh lebih rileks hal itu juga dapat mengurangi tingkat stres.

2.     Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik favoritmu merupakan salah satu cara yang akan membuatmu jauh lebih rileks dan selain itu juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood.

3.     Lakukan Olahraga Kecil

Melakukan perenggangan tubuh atau stretching saat bekerja, membantu kamu melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran kamu lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat kamu lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stres kamu akan pekerjaan.


4.     Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah hal yang harus dihindari sehingga menyebabkan kamu mudah stres ditempat kerja. Maka dari itu kerjakanlah pekerjaan kamu dengan segera, buatlah daftar prioritas pekerjaan. Sehingga dapat membantu kamu bekerja secara efektif dan disiplin. Menyelesaikan lebih awal akan membuat otak dan hati lebih nyaman karena tidak terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

5.     Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

Memanfaatkan sela-sela waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres kamu ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri kamu untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong di tempat makan bersama rekan kerja lain. Selain membantu kamu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat kamu sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang kamu hadapi.

 

6.     Buatlah Tempat Kerjamu Nyaman

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan yang akhirnya menjadi salah satu pemicu tingkat stres yang tinggi di tempat kerja. Oleh karena itu, aturlah tempat kerja kamu agar kamu tidak merasa cepat bosan dan stres.

 

7.     Motivasi Diri

Salah satu cara untuk mengembalikan mood kamu saat bekerja setelah stres dengan banyaknya pekerjaan di kantor  adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal kamu bekerja dulu. Entah itu rencana masa depan seperti melanjutkan pendidikan, menabung untuk biaya pesta pernikahan ataupun rencana membangun sebuah usaha yang telah kamu impikan sejak dulu. Ingatlah harapan-harapan indah kamu ketika stres di pekerjaan datang menghampiri.


Setiap orang memang mempunyai kecenderungan mengalami stres dengan cara yang berbeda. Tinggal bagaimana kamu mengendalikannya saja. Tips-tips diatas dapat kamu coba lakukan ketika kamu mengalami stres dalam pekerjaan. Satu tambahan tips lagi untuk kamu nih. Bersyukur! Yap apapun pekerjaan kamu,  bersyukur adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres kamu, bersyukurlah dengan hidup dan pekerjaan yang kamu dapatkan sekarang, karena banyak orang diluar sana yang menginginkan posisi yang kamu tempati sekarang.

   ~Semoga bermanfaat~