msolusi.id- Saat hendak melamar pekerjaan, Anda diminta untuk membuat dan melampirkan berkas-berkas yang sebagai bahan pertimbangan seperti CV/resume, surat lamaran kerja, Ijazah dsb. Namun, beberapa orang terkadang belum memahami poin apa saja yang harus dicantumkan di dalam CV/resume. Cara membuat CV/resume pada saat ini tentunya akan berbeda dengan CV/resume beberapa tahun sebelumnya. Lalu, apakah yang membedakan antara  CV/resume dahulu dengan saat ini ? Kami akan berikan tips dan trik cara membuat CV yang dapat memikat hati HRD sebagai berikut :

Cantumkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Hingga Email

Dalam CV/resume informasi tersebut harus ada untuk memberikan informasi tentang diri Anda dan menjadi pertimbangan apakah masuk atau tidak dalam kriteria pencarian kerja. Berikan nomor telepon yang dapat di hubungi Via WhatsApp atau telepon biasa, cantumkan email yang sama dengan email Anda saat mengirimkan lamaran via email kepada pihak perusahaan, usahakan nama email yang anda cantumkan jelas dan tidak menggunakan nama yang aneh ya hehehe.

Cantumkan Riwayat Pendidikan Beserta jurusannya

Seringkali ditemukan beberapa orang saat mencantumkan riwayat pendidikanm tidak mencantumkan beserta dengan jurusannya. Padahal jurusan adalah salah satu informasi yang penting untuk HRD/Perusahaan. Ada berbagai macam tipe dan watak HRD yang berbeda-beda, tentu terkadang HRD tidak ingin melihat berkas yang lain dan hanya memerlukan CV/resume sebagai acuan dalam mencari kerja. Maka dari itu berikan informasi selengkap-lengkapnya.


Cantumkan Lama Tempuh Pendidikan & IPK Anda

Saat screening CV/resume akan ada beberapa aspek yang dilihat oleh kebanyakan HRD seperti lama tempu pendidikan dan IPK, namun tidak hanya melihat dari aspek lama tempuh pendidikan dan IPK saja, tentu ada aspek lain yang juga menjadi bahan pertimbangan HRD dalam melakukan screening CV/resume.Lama tempuh pendidikan biasanya akan menjadi bahan pertanyaan ketika interview, HRD akan menanyakan bagaimana caranya mampu lulus dengan cepat atau mengapa Anda bisa lulus dengan waktu yang cukup lama ? Anda harus mempersiapkan jawaban terbaik Anda. Lalu, IPK Anda pun akan menjadi bahan pertanyaan ketika Interview, disitulah akan ada kroscek antara nilai dengan kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki.

Buatlah CV Anda Sekreatif Mungkin

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana rasanya menjadi HRD ketika harus menganalisa CV/resume dengan tampilan sederhana dan cenderung monoton ? Tentu hal itu akan memengaruhi persepsi dan penilaian HRD terhadap Anda. Beralihlah dengan CV/resume yang lebih kreatif, Anda dapat melihat beberapa referensi melalui internet dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti canva¸photoshop,corel draw dll. Anda dapat mendesain sendiri CV/resume Anda sesuai dengan yang Anda inginkan, tentunya harus memerhatikan kerapihan dan estetika dari CV/resume tersebut. Jangan sampai CV/resume Anda terlihat terlalu ramai, padat, penuh dan berantakan. Berikut kami akan berikat beberapa contoh CV/resume kreatif.

Baik sobat mitra, dari beberapa tips di atas semoga dapat membantu sobat mitra dalam membuat CV/resume. Ingat, sebagai manusia berkembang, kita semua harus mengikuti perkembangan yang ada, selama hal itu masih baik untuk dilakukan. Jangan lupa untuk terus lihat blog kami, pastikan Anda tidak tertinggal oleh informasi yang akan kami posting. See you later sobat !

Cantumkan Pengalaman Kerja/Magang

Jika Anda mempunyai pengalaman kerja/magang, silahkan cantumkan di dalam CV/resume Anda. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk Anda, terlebih jika pengalaman Anda masih berkaitan dengan posisi yang ingin dituju. Pastikan bahwa dengan pengalaman kerja/magang yang pernah Anda lakukan, Anda pantas untuk diberi kesempatan bergabung dengan perusahaan tersebut.



Cantumkan Pengalaman Organisasi Internal/Eksternal

Jika Anda pernah dan masih mengikuti sebuah organisasi atau komunitas, silahkan cantumkan di dalam CV/resume Anda, Jelaskan secara jelas dan singkat tentang apa yang pernah Anda lakukan ketika berkontribusi di dalam organisasi/komunitas tersebut. Biasanya, HRD akan mempertimbangkan CV/resume yang Anda berikan jika Anda aktif dalam suatu organisasi, hal ini berkaitan dengan bagaimana cara seseorang bersosialisasi dan juga berkoordinasi dengan orang lain. Tentu kedua aspek ini pun diperlukan di dalam perusahaan.

Cantumkan Skill Yang Anda Miliki Atau Kuasai

Jika Anda mempunyai kemampuan, jangan pernah ragu untuk mencantumkan di dalam CV/resume Anda, hal ini akan memudahkan HRD ketika ingin menyeleksi kandidat pelamar. Semakin jelas apa saja kelebihan yang Anda miliki, maka akan semakin mudah menentukan layak atau tidaknya Anda memasuki tahap seleksi selanjutnya. Terlebih skill yang Anda miliki sangat berkaitan dan berhubungan dengan posisi yang Anda tuju.

Contoh Desain CV Kreatif :


CV